Senin, 05 Maret 2012

PEMETAAN SKKD



PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Satuan Pendidikan    : ............................
Mata Pelajaran     : Bahasa Inggris
Kelas / Semester    : VII (1) / 1
Tahun Pelajaran    : 20... -20...
Standar Kompetensi    Kompetensi Dasar    KKM    Indikator Pencapaian Kompetensi    Alokasi Waktu
Mendengarkan
1. memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan  terdekat
   
1.1 Merespon makna dalam percakapan transaksional ( to get things done ) dan interpersonal    (bersosialisasi ) yang mengunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk  berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : menyapa orang yang belum/sudah dikenal, memperkenalkan diri sendiri / orang lain, dan memerintah atau melarang
       
Merespon ungkapan ungkapan

1.    Sapaan orang yang sudah  / belum dikenal
2.    Perkenalan diri sendiri / orang lain
3.    Perintah / larangan

   
    1.2. Merespon makna dalam percakapan transaksional ( to get things done ) dan interpersonal (bersosialisasi ) yang mengunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk  beriteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapkan kesantunan        Merespon ungkapan-ungkapan :
1.    Meminta dan memberi informasi
2.    Ungkapan terima kasih
3.    Permintaan maaf
4.    Kesantunan






   
Mendengarkan
2.     Memahami makna dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat   
2.1.Merespon makna tindak tutur yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
       
1. menentukan makna dalam teks lisan fungsional pendek berupa:
      - Instruksi
- Daftar  benda / barang
       (Shoping list )
- Ucapan selamat
- Pengumuman
2. Mengidentifikasi tujuan teks fungsional
3. Mengidentifikasi bentuk teks fungsional
   
    2.2. Merespon makna gagasan yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
        1.   Mengidentifikasi makna gagasan dalam teks lisan fungsional pendek berupa:
-    Instruksi
-    Shopping list
-    Greeting card
       -  Announcement
2. Mengidentifikasi makna interpersonal teks lisan fungsional pendek
    
3.Mengidentifikasi makna tersirat dalam teks lisan fungsional pendek   
Berbicara
3.  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan                                      lingkungan terdekat
   
3.1  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dengan menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : orang menyapa yang belum dikenal, memperkenalkan diri sendiri / orang lain, dan memerintah atau melarang
       
Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
1.    Menyapa yang belum/sudah dikenal
2.    Memperkenalkan diri sendiri/orang lain.
3.    Memerintah/melarang

   
    3.2  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dengan menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi
           dengan lingkungan      terdekat yang melibatkan tindak tutur : meminta dan memberi informasi,  mengucapkan terima kasih meminta maaf dan mengungkapkan kesantunan
        Bertanya dan
menjawab tentang :
•    Meminta dan memberi informasi
•    Mengucapkan terima kasih
•    Meminta maaf
•    Mengungkapkan dan merespons kesantunan   
Berbicara
4.  Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
   
4.1  Mengungkapkan makna tindak tutur fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
       
•    Memberi instruksi
•    Menyebut daftar benda
•    Mengucapkan selamat
•    Mengumumkan dengan singkat

   
    4.2.Mengungkapkan makna gagasan dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
        •    Memberi insruksi secara lisan.
•    Menyebutkan daftar barang yang dibutuhkan.
•    Memberi ucapan selamat
•    Mengumumkan sesuatu   
Membaca
5. Memahami makna dalam teks  tulis fungsional pendek sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat   
5.1 Membaca nyaring bermakna kata, frasa, dan kalimat dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
       
•    Melafalkan kata, frasa dan kalimat dengan baik dan benar
•    Membaca kata frasa dan kalimat dengan intonasi yang benar
•    Membaca nyaring dengan baik dan benar.
   
    5.2  Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
        •    Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks fungsional pendek berbentuk :
     Instruksi
     Daftar barang
     Kartu ucapan
     Pengumuman
•    Mengidentifikasi ciri kebahasaan teks yang dibaca
•    Membahas tujuan masing-masing teks fungsional yang telah dibahas.   
Menulis
6. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat   
6.1  Mengungkap-kan makna gagasan dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat       
•    Melengkapi teks fungsional pendek
•    Menyusun kata/urutan kata menjadi kalimat yang padu
•    Menulis teks fungsional pendek

   
    6.2.Mengungkapkan langkah retorika dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat         •    Membuat teks fungsional pendek
•    Menggunakan langkah retorika dalam menulis teks fungsional pendek
   
Jumlah   




Mengetahui,
Kepala SMP/MTs …………………



(__________________________)
NIP /NIK : :        …….……..,……………………  20 …….
Guru Mapel Bahasa Inggris



(_______________________)
NIP /NIK : :




PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Satuan Pendidikan    : ............................
Mata Pelajaran     : Bahasa Inggris
Kelas / Semester    : VII (1) / 2
Tahun Pelajaran    : 20... -20...
Standar Kompetensi    Kompetensi Dasar    KKM    Indikator Pencapaian Kompetensi    Alokasi Waktu
Mendengarkan
7. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
   
7.1. Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done ) dan interpersonal (bersosialisasi) sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur  : meminta dan memberi jasa, meminta dan memberi barang, serta meminta dan memberi fakta         Merespon ungkapan-ungkapan :
1.Meminta &  
   memberi jasa
2. Meminta & 
       memberi   barang
    3.Meminta &
       memberi  fakta

   
    7.2 Merespon makna dalam percakapan transaksional
( to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi ) sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak turur : meminta dan memberi pendapat dan menyatakan suka dan tidak suka, meminta klarifikasi, dan merespon secara interpersonal
        Merespon ungkapan-ungkapan :
1. Meminta dan
   memberi
   pendapat
2.Menyatakan 
   suka dan tidak  suka
3.Meminta klarifikasi
4. Merespon      secara        interpersonal
   
Mendengarkan
8.    Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sangat sederhana yang berbentuk descriptive dan procedure  untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
   
8.1.Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
       
1.Merespon makna
    dalam teks fung-
    sional pendek :
- Instruksi
- Daftar barang
   belanjaan
- Ucapan 
   selamat
- Pngumuman
2. Menentukan
    Fungsi komuni-
    katif teks yang
    didengar.
3. Menentu kan ciri
    kebahasaan dari
    masing-masing
    teks fungsional
    yang didengar
   
    8.2 Merespon makna yang terdapat dalam monolog sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive dan procedure
        •    Merespon informasi dalam teks lisan monolog  berbentuk :
- Diskriptif
- Procedur
•    Menentukan ciri kebahasaan teks yang didengar.
•    Menentukan fungsi komunikatif teks yang didengar.

   
Berbicara
9.  mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan                                         lingkungan terdekat




   
9.1   Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional ( to get things done ) dan interpersonal
( bersosialisasi ) sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar  dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : meminta dan memberi jasa, meminta dan memberi barang, dan meminta memberi fakta
       
* Bertanya dan menjawab berbagai informasi :
    1.Meminta dan
       memberi jasa
    2.Meminta dan
memberi barang
    3.Meminta dan
        memberi fakta




   
     9.2  Mengungkapkan  makna dalam  percakapan transaksional (to get things done)  & interpersonal (bersosialisai) sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar  dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : meminta dan memberi pendapat, menyatakan suka dantidak suka, meminta klarifikasi, merespon secara interpersonal
        Bertanya dan menjawab berbagai
Informasi :
1.  Meminta &
     memberi pendapat
 2. Menyatakan suka   dan tidak suka
 3. Meminta klarifikasi
 4. Merespon secara  
      interpersonal







   
Berbicara
10.Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan                                        procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat





   
10.1. Mengungkapkan makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
       
Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek berbentuk :
­    Instruksi
­    Daftar barang
­    Pengumuman
­    Ucapan selamat
    Memberi instruksi secara lisan.
    Menyebutkan daftar barang tertentu.
    Mengumumkan sesuatu
    Mengucapkan selamat
   
     10.2  Mengungkapkan makna dalam  monolog pendek sangat sederhana  dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive dan procedure

        1. Mengungkapkan
 berbagai informasi
 dalam teks 
 monolog   berbentuk 
-Descriptive
-Procedure

2.Menyebutkan fugsi     komunikatif teks
yang didengar.
3.Menyebutkan ciri
    kebahasaan teks
    yang didengar.
4.Melakukan monolog
   dalam bentuk
   deskriptif / prosedur   
Membaca
11. Memahami makna teks tulis fungsional dan esai pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan terdekat

   
111.Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
       
1.mengidentifikasi 
   berbagai informasi   
   dalam teks 
   fungsional pendek
   berupa:
- Instruksi
- Daftar barang
- Ucapan  
   selamat
- Pengumuman
2.Merespon berbagai   informasi dalam teks    fungsional pendek
3.Membaca nyaring teks fungsional / pendek.
   
     11.2  Merespon makna dan langkah retorika secara akurat, lancar dan berterima dalam esai sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive/procedure

        1. Mengidentifikasi 
    berbagai informasi
    dalam teks
    descriptive dan
    procedure
2. Mengidentifikasi
    fungsi komunikatif
    teks deskriptif /
    procedure.
3. Mengidentifikasi
    langkah retorika  
    teks deskriptif   
    /prosedur
4  menyebutkan ciri kebahasaan teks descriptive / procedure.
   
    11.3 membaca nyaring bermakna teks fungsional dan esai pendek dan sangat sederhana berbentuk descriptive/ procedure dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima

        •    Melafalkan kata, frasa dan kalimat dengan baik dan benar
•    Membaca kata frasa dan kalimat dengan intonasi yang benar
•    Membaca nyaring teks descriptive/procedure dengan baik dan benar.
   
Menulis
12.Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan esai pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan                                              procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat   
12.1Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat       
•    Menulis teks
       fungsional  
       pendek
       berbentuk :
- Instruksi
- Daftar barang
- Pengumuman
- Ucapan   
  Selamat
•    Menulis kalimat         sederhana   
     12.2 Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esai pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkunguan terdekat dalam teks berbentuk descriptive/ procedure
        1.    Melengkapi teks - descriptive
- procedure
2.    Menyusun teks
3.    Menulis teks berbentuk
- Descriptive/
   procedure






   
Jumlah           

Mengetahui,
Kepala SMP/MTs …………………



(__________________________)
NIP /NIK : :        …….……..,……………………  20 …….
Guru Mapel Bahasa Inggris



(_______________________)
NIP /NIK : :




PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Satuan Pendidikan    : ............................
Mata Pelajaran     : Bahasa Inggris
Kelas / Semester    : VIII (2) / 1
Tahun Pelajaran    : 20... -20...
Standar Kompetensi    Kompetensi Dasar    KKM    Indikator Pencapaian Kompetensi    Alokasi Waktu
Mendengarkan
1. Memahami   makna  dalam percakapan transaksional dan interpersonal sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar    1.1    Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, mengakui, mengingkari fakta, dan meminta dan memberi pendapat
        •    Merespon ungkapan meminta, memberi, menolak jasa
•    Merespon ungkapan meminta, memberi, menolak barang
•    Mengakui, mengingkari fakta
•    Merespon ooooungkapan meminta dan memberi pendapat   
    1.2    Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: mengundang, menerima dan menolak ajakan, menyetujui/tidak menyetujui, memuji, dan memberi selamat


        •    Merespon ungkapan mengundang,menerima, dan menolak ajakan
•    Merespon ungkapan menyetujui / tidak menyetujui
•    Merespon ungkapan memuji
•    Merespon ungkapan memberi selamat   
Mendengarkan
2. Memahami   makna   dalam teks  lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk  descriptive dan recount  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar   
2.1 Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana  secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
       
•    Mengidentifikasi
informasi yang terdapat dalam teks fungsional pendek berupa  undangan.  
•     Mengidentifi-kasi ciri     kebahasaan dalam     teks fungsional       pendek berupa       Undangan.       
    2.2    Merespon makna yang terdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount
        •    Mengidentifikasi Informasi/makna yang terdapat dalam teks berbentuk descriptive dan recount
•    Mengidentifikasi tujuan komunikatif dan langkah retorika teks deskriptif dan recount.     
Berbicara
3.  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar



   
3.1. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, mengakui, mengingkari fakta, dan meminta dan memberi pendapat
        •    Bertanya dan menjawab tentang meminta,memberi, menolak jasa
•    Bertanya dan menjawab tentang meminta,memberi, menolak barag
•    Bertanya dan menjawab tentang mengakui, mengingkari fakta
•    Bertanya dan menjawab memberi pendapat   
    3.2. Memahami dan merespon percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: mengundang, menerima dan menolak ajakan, menyetujui/tidak menyetujui, memuji, dan memberi selamat
        •    Bertanya dan menjawab tentang mengundang, menerima, menolak ajakan
•    Bertanya dan menjawab tentang menyetujui.tidak menyetujui
•    Bertanya dan menjawab tentang memuji
•    Bertanya dan menjawab tentang memberi selamat   
Berbicara
4. Mengungkap kan   makna dalam teks  lisan fungsional dan monolog pendek sederhana yang berbentuk descriptive dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
   
4.1 Mengungkapkan makna dalam bentuk teks lisan fungsional pendek  sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
       
•    Mengungkapan secara lisan teks fungsional pendek berbentuk undangan.                                 
•    Bertanya dan menjawab secara lisan berbagai informasi tentangteks fungsional pendek berbentuk undangan   
    4.2. Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount        1.    Bertanya dan menjawab berbagai infmasi secara lisan dalam teks pendek berbentuk :                                               
- descriptive
- recount
2.    Melakukan monolog pendek dalam bentuk 
- descriptive
- recount
   
Membaca
5. Memahami makna teks tulis fungsional  dan esei pendek sederhana  berbentuk descriptive dan recount  yang berkaitan dengan lingkungan sekitar

   
5.1. Membaca nyaring bermakna teks tulis fungsional dan  esei berbentuk descriptive dan recount  pendek dan sederhana dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
       
•    Membaca dengan nyaring dan bermakna teks fungsional pendek                                                    
•    Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks fungsional pendek    
    5.2 Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingungan sekitar
        1. Teks fungsional      
              pendek berupa
              - Undangan
              - pesan singkat
         2. Tata Bahasa
              - Request
         3. Kosa kata
              - kata terkait –
               tema                        
                dan jenis teks
         4. UngkapanBaku
           - Don’t be late !
           - Don’t miss it !
        •    Mengidentifikasi fungsi sosial teks fungsional pendek Mengidentifikasi ciri kebahasaan teks fungsional pendek    
    5.3 Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima  yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount
        1. Menjawab mau tau 
  pertanyaan tentang :
1.    Makna gagasan
2.    Makna tekstual dalam teks descriptive dan recount
3.    Langkah retorika teks descriptive dan recount
4.    Tujuan komunikatif teks descriptive dan recount
5.    Ciri kebahasaan teks descriptive dan recount
6.    Membaca nyaring       teks descriptive dan     recount.
   
Menulis
6. Mengungkapkan  makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk descriptive, dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar    6.1.    Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
        •    Melengkapi rumpang teks fungsional pendek
•    Meyusun kata menjadi teks fungsional yang bermakna
•    Menulis teks fungsional pendek   
    6.2.    Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam  teks berbentuk descriptive dan recount
        1.    Melengkapi rumpang teks essai pendek berbentuk descriptive
2.    Menyusun kalimat menjadi teks yang bermakna dalam bentuk descriptivedan recount.
3.    Menulis teks essai dalam bentuk
         a. descriptive dan 
             recount .
   
Jumlah           


Mengetahui,
Kepala SMP/MTs …………………



(__________________________)
NIP /NIK : :        …….……..,……………………  20 …….
Guru Mapel Bahasa Inggris



(_______________________)
NIP /NIK : :




PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Satuan Pendidikan    : ............................
Mata Pelajaran     : Bahasa Inggris
Kelas / Semester    : VIII (2) / 2
Tahun Pelajaran    : 20... -20...
Standar Kompetensi    Kompetensi Dasar    KKM    Indikator Pencapaian Kompetensi    Alokasi Waktu
Mendengarkan
7. Memahami   makna  dalam percakapan transaksional dan interpersonal sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar   
7.1.Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, dan meminta, memberi dan mengingkari informasi, meminta, memberi, dan menolak pendapat, dan menawarkan / menerima / menolak sesuatu
       
•    Merespon ungkapan meminta, memberi, menolak jasa
•    Merespon ungkapan meminta,memberi, menolak barang
•    Merespon ungkapan meminta, memberi, mengingkari informasi
•    Merespon ungkapan meminta,memberi, menolak pendapat
•    Merespon ungkapan meminta,menerima, menolak tawaran   
    7.2. Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi persetujuan, merespon pernyataan, memberi perhatian terhadap pembicara, mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan, dan  mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan telepon        •    Merespon ungkapan meminta,memberi persetujuan
•    Merespon ungkapan pernyataan
•    Merespon ungkapan memberi perhatian terhadap pembicara
•    Mengawali, memperpanjang an menutup percakapan
•    Merespon ungkapan mengawali, memperpanjang dan menutup percakapan telepon   
Mendengarkan
8. Memahami   makna   dalam teks  lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk  narrative dan recount  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar   
8.1. Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
       
•    Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks fungsional pendek
    - Notices
    - Iklan
•    Mengidentifikasi tujuan komunikatif teks fungsional pendek   
    8.2. Merespon makna yang terdapat dalam monolog  pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk narrative dan recount
        •    Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks monolog narative dan recount.

•    Mengidentifikasi tujuan komunikatif teks naratif dan recount   
Berbicara
9.  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar




   
9.1.    Mengungkapkan makna dalam percakapan  transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, meminta, memberi dan mengingkari informasi, meminta, memberi, dan menolak pendapat, dan menawarkan / menerima / menolak sesuatu
       
•    Bertanya dan menjawab tentang meminta,memberi,menolak jasa
•    Bertanya dan menjawab tentang meminta,memberi,menolak barang
•    Bertanya dan menjawab tentang meminta,memberi dan mengingkari informasi
•    Bertanya dan menjawab tentang meminta,memberi dan menolak pendapat   
    9.2.    Mengungkapkan makna dalam percakapan  transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi persetujuan, merespon pernyataan, memberi perhatian terhadap pembicara, mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan, serta mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan telepon
        •    Bertanya dan menjawab tentang meminta,memberi persetujuan
•    Bertanya dan menjawab tentang merespon pernyataan
•    Bertanya dan menjawab tentang memberi perhatian terhadap lawan bicara
•    Mengawali,memperpanjang menutup percakapan
•    Mengawali,memperpanjang menutup percakapan telepon   
Berbicara
4. Mengungkap kan   makna dalam teks  lisan fungsional dan monolog pendek sederhana yang berbentuk narrative dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
   
10.1    Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

       
•    Mengungkapkan secara lisan teks fungsional :
- Pengumuman                    - Undangan                            - Pesan singkat
•    Bertanya dan menjawab secara lisan berbagai info dalam teks pengumuman, undangan, pesan singkat   
    10..2. Mengungkap kan makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount  dan narrative        Melakukan monolog pendek sederhana dalam bentuk narrative dan recount    
Membaca
11. Memahami makna dalam esei pendek sederhana berbentuk recount, dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

   
11.1    Membaca nyaring bermakna teks fungsional dan essai pendek sederhana berbentuk recount dan narrative  dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar

       
•    Membaca nyaring dan bermakna teks essai berbentuk narrative / recount
•    Mengidentifikasi berbagai makna teks narrative / recount   
    11.2    Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan
        •    Mengidentifikasi tujuan komunikatif teks narrative / recount
•    Mengidentifikasi langkah retorika dan ciri kebahasaan teks narrative / recount    
    11.3 Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount dan nararative
        •    Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks fungsional
•    Mengidentifikasi tujuan komunikatif teks fungsional
•    Mengindentifikasi ciri kebahasaan teks fungsional
   
Menulis
12. Mengungkapkan  makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk recount dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar   
12.1.    Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
       
•    Menulis teks fungsional pendek berbentuk :            
   -Notices
   - Iklan    
   
    12.2.    Mengungkap kan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar berbentuk  recount dan narrative
        •    Menulis teks pendek dan sederhana dalam bentuk recount /      narrative  dengan langkah retorika yang benar    
Jumlah           
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs …………………



(__________________________)
NIP /NIK : :        …….……..,……………………  20 …….
Guru Mapel Bahasa Inggris



(_______________________)
NIP /NIK : :





PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Satuan Pendidikan    : ............................
Mata Pelajaran     : Bahasa Inggris
Kelas / Semester    : IX (3) / 1
Tahun Pelajaran    : 20... -20...
Standar Kompetensi    Kompetensi Dasar    KKM    Indikator Pencapaian Kompetensi    Alokasi Waktu
Mendengarkan
1. Memahami makna   dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
   
1.1    Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi kepastian, serta mengungkapkan dan menanggapi keraguan
       
•    Merespon ungkapan meminta dan memberi kepastian
•    Merespon ungkapan mengungkapakan dan menganggapi keraguan   
Mendengarkan
2. Memahami makna dalam     teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari
   
2.1    Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
       
•    1.Mengidentifikasi makna dalam teks fungsional pendek: pesan singkat, surat pribadi dan brosur
•    Mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam teks-teks fungsional/pendek, - surat pribadi
    - brosur

   
    2.2. Merespon makna  yang terdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report         1. Mengidentifikasi
    berbagai informasi
    dalam teks
    monologpendek
    berbentuk
    procedure/report
2. Mengidentifikasi
    langkah retorika
    dalam teks
    monolog berbentuk
    procedure/report
3. Mengidentifikasi
    tujuan komunikatif
    teks monolog
    berbentuk    
procedure/report   
Berbicara
3. .Mengungkapkan  makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
   
3.1. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi kepastian dan mengungkapkan dan menanggapi keraguan



       
1. Bertanya dan 
menjawab tentang
    meminta dan
memberi kepastian

2. Bertanya dan
menjawab tentang   
    mengungkapkan
    dan menanggapi
       keraguan   
    3.2.    Mengungkap-kan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: meminta pengulangan, menunjukkan perhatian, dan menyatakan kekaguman          1.    Bertanya dan menjawab tentang meminta pengulangan

2.    Bertanya dan menjawab tentang menunjukan perhatian

3.    Bertanya dan menjawab tentang menyatakan kekaguman    
Berbicara 4.Mengungkapkan  makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk  procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari
    4.1.Mengungkapkan makna dalam bentuk teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
        1.    Menjawab secara lisan berbagai pertanyaan tentang isi teks yang didengar
2.    Menyampaikan secara lisan berbagai informasi yang terdapat dalam
a. Surat pribadi
b. brosur   
    4.2. Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report        •    Melakukan monolog pendek dalam bentuk
1.    Procedure/report
   
Membaca
5.  Memahami  makna teks tulis fungsional dan esei pendek  sederhana berbentuk  procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari    5.1    Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report
        1.Mengidentifikasi
   makna gagasan
dalam teks berbentuk
procedure dan report

2.Mengidentifikasi
   berbagai informasi
   yang terdapat dalam 
   teks berbentuk
 procedure dan report

3.Mengidentifikasi
   tujuan komunikatif
   teks berbentuk
   procedure/report

4.Mengidentifikasi
   langkah retorika
dalam teks berbentuk
   procedure/report

5.Membaca nyaring 
   teks berbentuk
   procedure/report
   
    5.2.Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
        1.Mengidentifikasi makna yang terdapat teks fungsional pendek;
    - Surat Pribadi
    - Brosur
2.Mengidentifikasi ciri kebahasaan teks fungsional pendek, - Surat Pribadi
    - Brosur   
    5.3. Membaca nyaring bermakna teks fungsional dan  esei pendek sederhana berbentuk procedure   dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima
        •    Membaca nyaring
•    Mengidentifikasi informasi yang berhubungan dengan bacaan tentang prosedur
•    Menjawab pertanyaan-pertanyaan berdasarkan bacaan
•    Membuat ringkasan
   
Menulis
6. Mengungkap kan makna dalam  teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari
    1.2    Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari


        1.    Menulis kalimat pendek dan sederhana
2.    Menulis teks fungsional pendek dan sederhana


   
    6.2 Mengungkap-kan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report
        1.    Menyusun kalimat acak menjadi teks yang padu berbentuk procedure/report
2.    Menulis essay berbentuk procedure / report

   
Jumlah           


Mengetahui,
Kepala SMP/MTs …………………



(__________________________)
NIP /NIK : :        …….……..,……………………  20 …….
Guru Mapel Bahasa Inggris



(_______________________)
NIP /NIK : :




PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Satuan Pendidikan    : ............................
Mata Pelajaran     : Bahasa Inggris
Kelas / Semester    : IX (3) / 2
Tahun Pelajaran    : 20... -20...
Standar Kompetensi    Kompetensi Dasar    KKM    Indikator Pencapaian Kompetensi    Alokasi Waktu
Mendengarkan
7.Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan  pendek sederhana untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari   
7.1 Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur mengungkapkan kesantunan
       
•    Merespon ungkapan kesantunan
•    Mengidentifikasi makna ungkapan kesantunan
•    Melakukan perintah
   
    7.2. Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur memberi berita yang menarik perhatian, dan memberi komentar terhadap berita
        •    Merespon ungkapan memberi berita yang menarik perhatian
•    Merespon ungkapn memberi komentar terhadap berita   
Mendengarkan
8.Memahami makna   dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari    8.1    Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
        •    Mengidentifikasi makna dalam teks lisan fungsional pendek
•    Mengidentifikasi ciri-ciri kebahasaan iklan dan surat pribadi
•    Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks fungsional pendek   
    8.2. Merespon makna  yang terdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report           1.    Mengidentifikasi makna dalam teks monolog berbentuk narrative/report
2.    Mengidentifikasi tujuan komunikatif dan langkah retorika teks monolog berbentuk narrative/report
3.    Mengidentifikasi ciri kebahasaan teks narrative/report
4.    Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks monolog berbentuk narative/report   
Berbicara
9. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dan monolog pendek sederhana berbentuk  narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari
    9.1. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur mengungkapkan kesantunan
        •    Bertanya dan menjawab tentang mengungkap-kan kesantunan


   
    9.2.Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: memberi berita yang menarik perhatian dan memberi komentar terhadap berita
        •    Bertanya dan menjawab tentang memberi berita yang menarik perhatian
•    Bertanya dan menjawab tentang memberi komentar terhadap berita

   
Berbicara
10. Mengungkapkan makna  dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari    10.1.Mengungkapkan makna dalam  teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
        1. Mengungkapkan
    jadwal kegiatan
2. Mengungkapkan
    berbagai informasi
terkait label dan      jawal   
    10.2.Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari berbentuk narrative dan report
        1.    Melakukan monolog singkat dalam bentuk narrative/report
2.    Menceritakan kembali teks naratif yang dibaca
   
Membaca
11.Memahami  makna teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk  narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
    11.1.Membaca nyaring bermakna  teks tulis fungsional dan  esei pendek sederhana berbentuk narrative dan report  dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
        •    Membaca nyaring dan bermakna teks fungsional pendek :
- Schedule
   - Labels   
    11.2. Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
        •    Mengidentifikasi makna dalam teks fungsional pendek schedules, dan surat labels
•    Mengidentifikasi berbagai informasi  dalam teks fungsional pendek
 - Schedule
       - Labels    
    11.3. Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report
        •    Mengidentifikasi makna dalam teks monolog berbentuk narrative and report.
•    Mengidentifikasi berbagai informasi  dalam teks monolog berbentuk narrative and report.
   
    11.4 Membaca nyaring bermakna  teks tulis fungsional dan  esei pendek sederhana berbentuk narrative dan report  dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

        1.Membaca nyaring dan bermakna teks monolog berbentuk ; narrative/Rep-ort
2.Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks monolog



   
Menulis  
12. Mengungkapkan makna dalam  teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk    narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari.
    12.1. Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
            Menulis kalimat-kalimat sederhana.
    Menulis teks fungsional pendek
    - Jadwal
    - Labels   
    12.2. Mengungka-pkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report
        •    Menulis kalimat-kalimat descripsi yang sederhana
•    Menyusun kalimat acak menjadi teks essay berbentuk narrative/report
•    Menulis teks essay berbentuk narrative/report




   
Jumlah               



Mengetahui,
Kepala SMP/MTs …………………



(__________________________)
NIP /NIK : :        …….……..,……………………  20 …….
Guru Mapel Bahasa Inggris



(_______________________)
NIP /NIK : :

SKKD SMP BAHASA INGGRIS



STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
TINGKAT SMP DAN MTs

    Mata Pelajaran Bahasa Inggris untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP)/ Madrasah Tsanawiyah (MTs)
A.    Latar Belakang

Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik dan merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi. Pembelajaran bahasa diharapkan membantu peserta didik mengenal dirinya, budayanya, dan budaya orang lain. Selain itu, pembelajaran bahasa juga membantu peserta didik mampu mengemukakan gagasan dan perasaan, berpartisipasi dalam masyarakat, dan bahkan menemukan serta menggunakan kemampuan analitis dan imaginatif yang ada dalam dirinya.

Bahasa Inggris merupakan alat untuk berkomunikasi secara lisan dan tulis. Berkomunikasi adalah memahami dan mengungkapkan informasi, pikiran, perasaan, dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan budaya. Kemampuan berkomunikasi dalam pengertian yang utuh adalah kemampuan berwacana, yakni kemampuan memahami dan/atau menghasilkan teks lisan dan/atau tulis yang direalisasikan dalam empat keterampilan berbahasa, yaitu mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Keempat keterampilan inilah yang digunakan untuk menanggapi atau menciptakan wacana dalam kehidupan bermasyarakat. Oleh karena itu, mata pelajaran Bahasa Inggris diarahkan untuk mengembangkan keterampilan-keterampilan tersebut agar lulusan mampu berkomunikasi dan berwacana dalam bahasa Inggris pada tingkat literasi tertentu.

Tingkat literasi mencakup performative, functional,  informational, dan epistemic. Pada tingkat performative, orang mampu membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara dengan simbol-simbol yang digunakan. Pada tingkat functional, orang mampu menggunakan bahasa untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari seperti membaca surat kabar, manual atau petunjuk. Pada tingkat informational, orang mampu mengakses pengetahuan dengan kemampuan berbahasa, sedangkan pada tingkat epistemic orang mampu mengungkapkan pengetahuan ke dalam bahasa sasaran (Wells,1987).

Pembelajaran bahasa Inggris di SMP/MTs ditargetkan agar peserta didik dapat mencapai tingkat functional yakni berkomunikasi secara lisan dan tulis untuk menyelesaikan masalah sehari-hari, sedangkan untuk SMA/MA diharapkan dapat mencapai tingkat informational karena mereka disiapkan untuk melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi. Tingkat literasi epistemic dianggap terlalu tinggi untuk dapat dicapai oleh peserta didik SMA/MA karena bahasa Inggris di Indonesia berfungsi sebagai bahasa asing.

B.    Tujuan 
Mata Pelajaran Bahasa Inggris di SMP/MTs bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.    Mengembangkan kompetensi berkomunikasi dalam bentuk lisan dan tulis untuk mencapai tingkat literasi functional 
2.    Memiliki kesadaran tentang hakikat dan pentingnya bahasa Inggris untuk meningkatkan daya saing bangsa dalam masyarakat global
3.    Mengembangkan  pemahaman peserta didik tentang keterkaitan antara bahasa dengan budaya.

C.    Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Inggris di SMP/MTs meliputi:
1.    kemampuan berwacana, yakni kemampuan memahami dan/atau menghasilkan teks lisan dan/atau tulis yang direalisasikan dalam empat keterampilan berbahasa, yakni mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis secara terpadu untuk mencapai tingkat literasi functional;
2.    kemampuan memahami dan menciptakan berbagai teks fungsional pendek dan monolog serta esei berbentuk procedure, descriptive, recount, narrative, dan report. Gradasi bahan ajar tampak dalam penggunaan kosa kata, tata bahasa, dan langkah-langkah retorika;
3.    kompetensi pendukung, yakni kompetensi linguistik (menggunakan tata bahasa dan kosa kata, tata bunyi, tata tulis), kompetensi sosiokultural (menggunakan ungkapan dan tindak bahasa secara berterima dalam berbagai konteks komunikasi), kompetensi strategi (mengatasi masalah yang timbul dalam proses komunikasi dengan berbagai cara agar komunikasi tetap berlangsung), dan kompetensi pembentuk wacana (menggunakan piranti pembentuk wacana).

D.  Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
    Kelas VII, Semester  1
Standar Kompetensi    Kompetensi Dasar
       Mendengarkan
1.    Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat







   
1.1    Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: menyapa orang yang belum/sudah dikenal, memperkenal-kan diri sendiri/orang lain, dan memerintah atau melarang
1.2    Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapkan kesantunan

2.    Memahami makna dalam  teks lisan fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat    2.1    Merespon makna tindak tutur yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana  secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
2.2    Merespon makna gagasan yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana  secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat

       Berbicara
3.    Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat





   
3.1    Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) dengan menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima
3.2    Melakukan interaksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: menyapa orang yang belum/sudah dikenal, memperkenalkan diri sendiri/orang lain, dan memerintah atau melarang
3.3    Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) dengan menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapkan kesantunan
4.     Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
    4.1    Mengungkapkan makna tindak tutur dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana  secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
4.2    Mengungkapkan makna gagasan dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana  secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat

      Membaca
5.    Memahami  makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
.   
5.1    Membaca nyaring bermakna kata, frasa, dan kalimat dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
5.2    Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek  sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat  

      Menulis
6.    Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional  pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
   
6.1    Mengungkapkan makna gagasan dalam teks tulis fungsional pendek  sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
6.2    Mengungkapkan langkah retorika dalam teks tulis fungsional pendek  sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat




Kelas VII, Semester 2
Standar Kompetensi    Kompetensi Dasar
Mendengarkan
7.    Memahami makna  dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat






   
7.1    Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat  yang melibatkan tindak tutur:  meminta dan memberi jasa, meminta dan memberi barang, serta meminta dan memberi fakta
7.2    Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat  yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi pendapat , menyatakan suka dan tidak suka, meminta klarifikasi, dan merespon secara interpersonal

8.    Memahami makna   dalam teks lisan fungsional dan  monolog pendek sangat sederhana yang berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat    8.1    Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
8.2    Merespon makna yang terdapat dalam monolog sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive dan procedure

Berbicara
9.    Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan  interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat   
9.1     Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat  yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi jasa, meminta dan memberi barang, dan meminta dan memberi fakta
9.2     Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi pendapat, menyatakan suka dan tidak suka, meminta klarifikasi, merespon secara interpersonal

10.    Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan  procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat    10.1    Mengungkapkan makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
10.2    Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive dan procedure

Membaca
11.    Memahami  makna teks tulis fungsional dan  esei pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure  yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
   
11.1      Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek  sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
11.2      Merespon makna dan langkah retorika secara akurat, lancar dan berterima dalam esei sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive dan procedure
11.3      Membaca nyaring bermakna teks fungsional dan esei pendek dan sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure  dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima

Menulis
12.    Mengungkapkan makna dalam  teks tulis fungsional dan esei pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
   
12.1      Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana  dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
12.2      Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive dan procedure


Kelas VIII, Semester 1
Standar Kompetensi    Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1.    Memahami   makna  dalam percakapan transaksional dan interpersonal sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar






   
1.1    Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, mengakui, mengingkari fakta, dan meminta dan memberi pendapat
1.2    Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: mengundang, menerima dan menolak ajakan, menyetujui/tidak menyetujui, memuji, dan memberi selamat

2.    Memahami   makna   dalam teks  lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk  descriptive dan recount  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
        2.1. Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana  secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
    2.2.  Merespon makna yang terdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount

Berbicara
3.    Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar






   
    3.1.  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, mengakui, mengingkari fakta, dan meminta dan memberi pendapat
    3.2.  Memahami dan merespon percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: mengundang, menerima dan menolak ajakan, menyetujui/tidak menyetujui, memuji, dan memberi selamat

4.    Mengungkapkan   makna dalam teks  lisan fungsional dan monolog pendek sederhana yang berbentuk descriptive dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
        4.1.  Mengungkapkan makna dalam bentuk teks lisan fungsional pendek  sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
    4.2.  Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount

Membaca
5.    Memahami makna teks tulis fungsional  dan esei pendek sederhana  berbentuk descriptive dan recount  yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
   
    5.1.  Membaca nyaring bermakna teks tulis fungsional dan  esei berbentuk descriptive dan recount  pendek dan sederhana dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
    5.2.  Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek sederhana  secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
    5.3.  Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima  yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount

Menulis
6.    Mengungkapkan  makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk descriptive, dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
   
    6.1.  Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
    6.2.  Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam  teks berbentuk descriptive dan recount


Kelas VIII, Semester 2
Standar Kompetensi    Kompetensi Dasar
Mendengarkan
7.    Memahami   makna  dalam percakapan transaksional dan interpersonal pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar











   
    7.1.  Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, dan meminta, memberi dan mengingkari informasi, meminta, memberi, dan menolak pendapat, dan menawarkan / menerima / menolak sesuatu
    7.2.  Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi persetujuan, merespon pernyataan, memberi perhatian terhadap pembicara, mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan, dan  mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan telepon
8.    Memahami   makna dalam teks  lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk narrative dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar        8.1.  Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
    8.2.  Merespon makna yang terdapat dalam monolog  pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk narrative dan recount

Berbicara
9.    Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
   
    9.1.  Mengungkapkan makna dalam percakapan  transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, meminta, memberi dan mengingkari informasi, meminta, memberi, dan menolak pendapat, dan menawarkan / menerima / menolak sesuatu
    9.2.  Mengungkapkan makna dalam percakapan  transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi persetujuan, merespon pernyataan, memberi perhatian terhadap pembicara, mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan, serta mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan telepon

10.    Mengungkapkan   makna dalam teks  lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk recount, dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar        10.1 Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
    10.2 Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount  dan narrative

Membaca
11.    Memahami makna dalam esei pendek sederhana berbentuk recount, dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
   
    11.1 Membaca nyaring bermakna teks fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk recount dan narrative  dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
    11.2 Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
    Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima  yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount  dan narrative

Menulis
12.    Mengungkapkan makna  dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk recount dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
   
    12.1 Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
    12.2 Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar berbentuk recount dan narrative

Kelas IX,  Semester 1
Standar Kompetensi    Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1.    Memahami makna   dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
   
1.1    Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi kepastian, serta mengungkapkan dan menanggapi keraguan

1.2    Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur berikut meminta pengulangan, menunjukkan perhatian, dan menyatakan kekaguman

2.    Memahami makna dalam     teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari    2.1    Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
2.2    Merespon makna  yang terdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report

Berbicara
3.    Mengungkapkan  makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
   
3.1    Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi kepastian dan mengungkapkan dan menanggapi keraguan

3.2    Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: meminta pengulangan, menunjukkan perhatian, dan menyatakan kekaguman 
4.    Mengungkapkan  makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk  procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari    4.1    Mengungkapkan makna dalam bentuk teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
4.2    Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report
Membaca
5.    Memahami  makna teks tulis fungsional dan esei pendek  sederhana berbentuk  procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari



   
5.1    Membaca nyaring bermakna teks fungsional dan  esei pendek sederhana berbentuk procedure dan report  dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima
5.2    Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
5.3    Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report

Menulis
6.    Mengungkapkan makna dalam  teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari
   
6.1    Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
6.2    Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report


Kelas IX, Semester 2
Standar Kompetensi    Kompetensi Dasar
Mendengarkan
7.    Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan  pendek sederhana untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari
   
7.1    Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur mengungkapkan kesantunan
7.2    Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur memberi berita yang menarik perhatian, dan memberi komentar terhadap berita

8.    Memahami makna   dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari
    8.1    Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
8.2    Merespon makna  yang terdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report  


Berbicara
9    Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dan monolog pendek sederhana berbentuk  narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari


   

9.1    Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur mengungkapkan kesantunan

9.2    Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: memberi berita yang menarik perhatian dan memberi komentar terhadap berita
               

10    Mengungkapkan makna  dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari   
10.1    Mengungkapkan makna dalam  teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

10.2    Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari berbentuk narrative dan report

Membaca
11    Memahami  makna teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk  narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
   
11.1    Membaca nyaring bermakna  teks tulis fungsional dan  esei pendek sederhana berbentuk narrative dan report  dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

11.2    Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

11.3    Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report

Menulis
12    Mengungkapkan makna dalam  teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk    narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari
   
12.1    Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

12.2    Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report



E.    Arah Pengembangan

Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.

Program Semester

PROGRAM TAHUNAN
Mata Pelajaran        : ……………….
Kelas            : ......................
Tahun Pelajaran    : 2011/2012

No    Standar Kompetensi /
Kompetensi Dasar
    Jumlah
(Jam-Pel)    Keterangan
1    SK 1.       
    1.1.           
    1.2.           
    1.3.           
2    SK 2.       
    2.1.           
    2.2.           
    2.3.           
    2.4.           
3    SK 3.       
    3.1.           
    3.2.           
    3.3.           
    3.4.           
4    SK 4.       
    4.1       
    4.2.           
    4.3.           
    4.4.           
5    SK 5.       
    5.1.           
    5.2.           
    5.3.           
    5.4.           
6    SK 6.       
    6.1.       
    6.2.           
    6.3.           
    Jumlah            
       

       
Mengetahui                        Tangerang, 11 Juli 2011
Kepala Sekolah                     Guru Mapel


                                                 
NIP.                                       NIP.



PROGRAM SEMESTER I

Mata Pelajaran        : ...........................
Kelas/Semester    : ..... / 1
Tahun Pelajaran    : 2011/2012


A.    Perhitungan Alokasi Waktu
I, Banyaknya Pekan Dalam Satu Semester
No.    Bulan    Banyak Pekan
1    Juli 2010    3
2    Agustus 2010    5
3    September 2010    4
4    Oktober 2010    4
5    Nopember 2010    5
6    Desember 2010    4
    Jumlah    25



B. DISTRIBUSI ALOKASI WAKTU
No.
    Standar Kompetensi /
Kompetensi Dasar    Alokasi
Waktu
(Jam-Pel)
1    SK.1.    
    1.1.       
    1.2.       
    1.3.       
    Ulangan harian 1    2
2    SK.2.    
    2.1.       
    2.2.       
    2.3.       
    Ulangan Tengah Semester   
3    SK. 3.    
    3.1.       
    3.2.       
    3.3.       
    Ulangan harian 2    2
4    SK. 4.    
    4.1.   
    4.2.       
    4.3.       
    4.4.       
    Ulangan harian 3    2
    Ulangan semester   
    Jumlah   


PROGRAM SEMESTER II

Mata Pelajaran        : ……………
Kelas/Semester    : … / 2
Tahun Pelajaran    : 2011/2012

A. Perhitungan Alokasi Waktu
I.  Banyaknya Pekan Dalam Satu Semester
No.    Bulan    Banyak Pekan
1    Januari 2011    4
2    Februari 2011    4
3    Maret 2011    4
4    April 2011    4
5    Mei 2011    5
6    Juni 2011    2
    Jumlah    23


B. DISTRIBUSI ALOKASI WAKTU
No.
    Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar    Alokasi
Waktu
(Jam-Pel)
5    SK.5.    
    5.1.       
    5.2.       
    5.3.       
    5.4.       
    Ulangan harian    2
6    SK.6.    
    6.1.   
    6.2.       
    6.3.       
    Ulangan harian    2
7    SK.7.    
    7.1.       
    7.2.       
    7.3.       
    Ulangan harian    2
    Jumlah